Akomodasi untuk Mahasiswa di Wellington
Akomodasi

Hallo Semuanya! Nama Saya Putri dan saya mahasiswi dari Bandung yang sedang studi Tourism Management di Victoria University Wellington, Selandia Baru. Banyak alasan yang membuat saya akhirnya belajar tentang pariwisata di sini. Dalam tulisan ini, saya mau berbagi sedikit cerita nih mengenai akomodasi yang tersedia di sini.

Homestay

Pertama sampai Wellington, saya tinggal sebagai murid homestay untuk ena bulan pertama. Keluarga homestay saya orang Fiji dan Tonga dan mereka punya anak perempuan yang lucu dan bersahabat . Saat itu saya tidak sendirian, teman saya dari china juga homestay disitu. Sebagai keluarga homestay, mereka sangat respect banget sama saya saya banyak belajar dari mereka saat tinggal disana.

Saya dapat informasi homestay itu dari agen di Bandung dan merekalah juga yang membantu saya sampai saya tiba di Wellington. Pada umumnya biaya untuk homestay (1 bulan) adalah +/- NZD1000 ditambah dengan uang registrasi sekitar NZD200. Biaya yang dibayarkan sudah termasuk biaya makanan (sarapan, makan siang dan makan malam), tetapi hal ini bersifat relatif / dapat berbeda sesuai dengan ketentuan dari pihak universitas dan keluarga homestay.

Tinggal di homestay tentu membuat siapapun yang pertama kali ke luar negeri sedikit shock. Perbedaan kultur dalam keluarga sangat terlihat. Namun, keuntungannya adalah kita bisa segera beradaptasi dengan kehidupan dan budaya di sini. Dan itu sangat penting.

Uni Hall

Setelah homestay,saya pindah ke Hall untuk murid First year karena waktu itu saya masih menjalani program studi Foundation . Hall itu adalah asrama, dan saya memutuskan untuk pindah dari homestay ke hall karena waktu itu saya transformasi ke University.

Kalau kamu belajar di Victoria University, di antara hall-hall tersebut adalah Boulcott Hall, Everton Hall, Helen Lowry Hall, Joan Stevens Hall, Katharine Jermyn Hall, Te Puni Village, UniLodge – Stafford, Uni Hall - Te Kotahinga dan ada beberapa hall lainnya. Info lengkap tentang hall bisa dibuka di victoria.ac.nz/accommodation

Untuk student hall nya Wellington Institute of Technology, teman – teman dapat memperoleh informasi lebih lanjut di website : http://222willis.co.nz/ atau http://www.weltec.ac.nz/SUPPORTSERVICES/Accommodation/tabid/101/Default.aspx

Nah, kalau kamu akan belajar di kampus lain seperti Yoobee, kamu bisa mencari akomodasi flatting yang akan saya bahas di bawah.

Awalnya aga sedikit ragu untuk masuk Uni hall karena saat itu saya satu satu nya anak dari Indonesia, dan awalnya aga susah cari temen yang bisa diajak ngobrol dan bercanda, jadi minggu pertama saya agak strugling. Tapi lama lama, karena saya memberanikan diri untuk berkomunikasi dengan murid lain di sana, saya jadi merasa nyaman. Dari mereka juga lah saya jadi mendapatkan banyak temen baru. Saya juga dapat experience baru dari mulai lifestyle sampai bisa belajar bareng.

Mengurus akomodasi di Wellington sangatlah gampang. Kalo mau liat liat gimana caranya cari accommodation seperti homestay atau hall, bisa langsung ke website universitas nya. Ada banyak pilihan untuk University hall juga, dari mulai yang catered sampe non catered. Untuk hall first year pilihan nya ada banyak. Ada Joans Stevans Hall, Katharine Jermyn Hall, Boulcout Hall,Helen Lowry, dan masih banyak lagi. Untuk biaya hall nya masing masing berbeda tapi rata rata gajauh bedanya.

Saran saya kalo mau cari banyak temen pas tahun pertama disini. University hall is the place.

Flatting

Nah terakhir untuk pilihan akomodasi adalah flatting alias ngekos. Tidak jarang mahasiswa tinggal di flat bersama baik sesama orang Indonesia atau juga orang selain Indonesia. Karena ini sistemnya sama dengan kosan di Indo, setiap flat ada bapak atau ibu kos nya yang disebut landlord. Ke mereka lah kita bayar biaya rent dan expenses yang mencakup internet dan listrik.

Untuk mendapatkan info tentang flats, kita bisa buka trademe.com, yakni semacam kaskus di Indo. Segala informasi jual beli ada di sana, salah satunya adalah flat. Situs lainnya seperti nzflatsmates.co.nz atau easyroommate.co.nz. Karena flat juga macam-macam kondisi dan lokasinya, waktu pencarian flat yang sesuai dengan harapan memang memakan waktu. Tapi tak jarang hasil pencarian ini sangat ‘worth it’ dan sering kali biayanya akan jauh lebih murah ketimbang uni hall.

Baiklah demikian info tentang akomodasi di Wellington. Kalau kamu ada yang akan ke Wellington, bisa menghubungi Perhimpunan Pelajar Indonesia di Wellington. Semoga membantu!

-Ditulis oleh Putri A. Rukmanadi-
-Diedit oleh Zefanya