Buka Puasa Bersama

Jumat 24 Juni 2016, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Wellington, Selandia Baru menyelenggarakan buka puasa bersama. Sekitar 30 pelajar Indonesia di Wellington hadir. Makanan Indonesia menjadi hidangan utama. Saling berbagi cerita menjadi agenda utama.

Digelar di rumah tinggal Rosyid Jazuli Ketua PPI Wellington, bukber dimulai pukul 16.40 menjelang waktu buka. Di Selandia Baru, waktu puasa sedikit berbeda dengan di Indonesia. Di sini puasa lebih pendek waktunya karena hanya sekitar 11 jam yakni dari jam 6 sampai jam 5 sore. Pendeknya waktu ini karena waktu siang yang pendek di musim dingin.

Sambil berbuka, para pelajar berbincang satu sama lain tentang berbagai hal termasuk progres studi masing masing hingga rencana liburan. Kebetulan Ramadan kali ini bertepatan dengan waktu liburan kuliah. Pelajar yang datang berasal dari latar studi yang berbeda-beda mulai dari undergraduate sampai doctoral.

Menu buka puasa kali itu bermacam-macam namun didominasi masakan Indonesia: es buah, lumpia, rendang, gado-gado, bihun goreng. Bagi pelajar yang sedang jauh dari kampung halaman, tentu ini menjadi pelepas rindu pada masakan negeri sendiri.

Acara ditutup dengan foto bersama. Buka bersama kali ini menunjukkan bahwa meski di tanah jauh yakni Selandia Baru, pelajar Indonesia tetap bisa merasakan suasana negeri sendiri. Seluruh pelajar yang datang juga menyampaikan terima kasih kepada Perhimpunan Pelajar Indonesia di Wellington, Selandia Baru yang dengan senang hati menyelenggarakan acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *