Setiap tahun Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dari sejumlah kota di Selandia Baru mengirimkan perwakilan masing – masing untuk menghadiri Kongres PPI Tahunan. Tahun ini, Ibukota Selandia Baru, Wellington, menjadi tuan rumah untuk Kongres tahun 2017. Para pelajar berkumpul untuk membahas berbagai isu, upaya, ide, dan perkembangan yang telah terjadi seiring periode belajar berlangsung.

Kongres PPI Selandia Baru dimulai pada Jumat, 14 April 2017 dan dibuka di Kedutaan Besar Republik Indonesia oleh Bapak Wanton Saragih selaku Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya dan Pendidikan. Beliau memberikan arahan dan paparan mengenai kerjasama yang telah dilakukan KBRI dan PPI di berbagai wilayah negara Selandia Baru pada tahun 2016. Dalam sesi ini, pelajar berkesempatan untuk mengikuti sesi tanya jawab pihak KBRI dan diakhiri dengan pembukaan Kongres untuk tahun 2017.

Rosyid Jazuli adalah Ketua PPI Selandia Baru tahun 2016/2017 sekaligus penggagas kongres tahunan, Ia memimpin kongres tahun ini yang diikuti oleh peserta kongres dari enam wilayah yaitu antara lain, PPI Auckland, PPI Canterburry, PPI Dunedin, PPI Invercargill, PPI Palmerston North, dan PPI Wellington. Kongres diadakan selama dua hari dan bertempat di Victoria University, Wellington. Hasil dari Kongres ini mencakup lima poin-poin penting, salah satunya yaitu berhasil memilih Yuris Ramadhan, ketua PPI Auckland, sebagai Ketua Presidium PPI Selandia Baru periode 2017/2018. Adapun diskusi yang berhasil diangkat tahun ini adalah mengenai pentingnya publikasi dan pemasaran yang dilakukan oleh para pelajar untuk mengenalkan Negara Indonesia kepada warga negara asing, masyarakat setempat khususnya, lebih jauh. Keputusan dari Kongres Selandia Baru ini nantinya juga akan dibawa untuk didiskusikan bersama di Kongres PPI Dunia yang kabarnya akan dilaksanakan di London, United Kingdom.

Selayaknya pembukaan, penutupan dari kongres tahun ini pun bertempat di KBRI Wellington yang dihadiri oleh para pelajar dan pihak KBRI sendiri. Penutupan dilaksanakan dengan acara ramah tamah bersama duta besar Selandia Baru yang baru saja terpilih, yaitu Bapak Tantowi Yahya, dan pelantikan anggota PPI Wellington tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *