Jika VISA sudah ditangan, ini saatnya menyiapkan barang-barang yang akan dibawa ke “rumah barumu”. Tulisan ini tidak akan membahas bagaimana cara packing yang baik tapi akan fokus pada hal-hal spesifik yang perlu diperhatikan saat packing ke Wellington. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Perhatikan baik-baik jatah bagasi yang disedikan oleh airlines. Jangan sampai kelebihan karena biayanya akan sangat mahal. Setiap maskapai mempunyai peraturan yang berbeda.Contohnya:Air New Zealand, untuk penerbangan international kelas ekonomi, maskapai ini akan memberikan jatah 1 PC (Piece): 23 kg. Jika melebihi 23 kg tetapi kurang dari 32 kg akan dikenai biaya tambahan, tetapi jika melebihi 32 kg maka akan diminta untuk repacking.

    Tapi jangan khawatir, selain jatah bagasi tersebut, masih ada jatah bagasi kabin 7 kg. Gunakanlah jatah ini sebaik-baiknya karena semua barang-barang di Wellington MAHAL! Apabila 30 kg masih dirasa kurang, ada baiknya untuk membayar bagasi tambahan diawal karena akan lebih murah dibanding jika membayar kelebihan bagasi pada saat penerbangan.

    Beruntunglah bagi yang naik Qantas, untuk kelas ekonomi akan diberi jatah 30 kg dan bagasi kabin 7 kg.

  • Masih soal maskapai penerbangan, bagi yang berganti maskapai di Australia, bersiap-siaplah untuk ketinggalan bagasi. Tenang, hal ini sering terjadi. Tidak usah khawatirkan bagasi tersebut. Yang penting tidak ketinggalan pesawat. Laporkan pada petugas saat check in, bahwa kamu datang dengan maskapai yang berbeda dan mintalah bantuan agar bagasi bisa dipindahkan. Begitu juga saat mendarat di Wellington, jika kamu tidak menemukan bagasimu cukup laporkan pada petugas. Kemungkinan bagasimu akan datang keesokkan harinya dan akan diantar ke alamat. Tidak akan ada biaya tambahan untuk pengiriman bagasi ke alamat. Yang penting berikan alamat dan no telepon atau hp yang bisa dihubungi.Ada baiknya untuk yang berganti maskapai untuk menyiapkan baju dan perlengkapan mandi pada cabin baggage. Jadi bisa ganti pakaian meski bagasi datang belakangan.
  • New Zealand cukup ketat soal jenis barang-barang yang boleh dibawa. Silahkan cek link ini untuk detailnya: http://www.customs.govt.nz/news/resources/listsandguides/documents/advice%20to%20travellers.pdf
    Seandainya membawa barang-barang yang masuk dalam daftar tersebut, jangan lupa declare pada formulir yang nanti dibagikan petugas untuk menghindari denda dan berdoalah barang-barang tersebut selamat saat pemeriksaan.Berdasarkan pengalaman penulis, bumbu-bumbu instan akan lolos asalkan ingredientsnya jelas dan packagingnya rapi. Jika ingredientsnya dalam Bahasa Indonesia, jangan lupa diterjemahkan. Taruhlah bumbu-bumbu pada satu container tembus pandang polos untuk memudahkan pemeriksaan. Begitu juga obat-obatan, peralatan mandi dan kosmetik. Kelompokkan dengan baik. Jangan lupa semua cairan yang melebihi 100 ml harus masuk bagasi pesawat.

    Untuk obat-obat tradisional, jangan khawatir kemungkinan obat-obat tradisional lolos cukup besar. Beberapa teman ada yang berhasil membawa “jamu anti angin”. Penulis sendiri berhasil membawa minyak kayu putih ukuran jumbo. Tidak akan ada yang menjual obat sakti penolak masuk angin di Wellington meskipun Wellington terkenal dengan anginnya. Sebaiknya masukkan dalam daftar bawaanmu.

    Perhatikan juga kebersihan sepatu yang dibawa dan yang dipakai. Cucilah sepatu sebersih mungkin sebelum dipacking terutama jika sepatu pernah dibawa berpetualang ke hutan.

  • Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya semua barang-barang di Wellington MAHAL! Maka pertimbangkan baik-baik apa yang akan dibawa. Ada baiknya membawa stok perlengkapan mandi, alat tulis, pakaian yang cukup banyak. Hal ini akan membantu kamu berhemat di kemudian hari.
  • Jangan lupa membawa colokan khusus New Zealand (juga bisa digunakan di Australia), setidaknya persiapkan satu. Jadi saat transit di Australia atau mendarat di Wellington dan baterai HP sudah lemah, kamu bisa langsung memakainya. Tidak mudah untuk menemukan colokan universal di kota ini dan harganya cukup mahal.
  • Bawalah makan cepat saji atau siap makan jadi tidak bingung mencari makanan saat sampai di kota ini. Kebanyakan restoran atau café akan tutup jam 5 sore dan makan di luar juga cukup mahal.
  • Untuk yang datang saat musim dingin, jangan lupa bawa long john, baju hangat dan wind proof jacket. Ingat Angin Wellington siap menantimu.

Selamat Packing! Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

-Ditulis oleh Winda Dwi Melisa-