Welly-Palmy Friendship Cup 2016

Pada Sabtu, 29 Oktober 2016, PPI Wellington menyelenggarakan kompetisi olahraga Wellington-Palmerston North Friendship Cup yang dilaksanakan di ASB Center, Kilbirnie, Wellington. Kompetisi persahabatan ini mempertemukan pelajar dan masyarakat Indonesia yang menetap di dua kota bertetangga di selatan North Island: Wellington dan Palmerston North (Palmy) dalam lima cabang olahraga: bulu tangkis (tunggal dan ganda), tenis meja, futsal, basket, dan voli. Diadakannya kompetisi ini ditujukan untuk mempererat hubungan antar-komunitas Indonesia yang berada di dua kota tersebut.

Acara ini dibuka dengan dinyanyikannya lagu Indonesia Raya dan juga sambutan dari Atase Pertahanan Republik Indonesia di Selandia Baru, ketua PPI Wellington dan PPI Palmerston North. Di nomor olahraga pertama yang dipertandingkan, bulu tangkis tunggal, Ernest dari Palmy berhasil memenangi final dengan skor 11-6, 11-5 atas perwakilan Wellington, Sidney. Ini kemudian berhasil dibalas dengan kemenangan pasangan Wellington, Faried/Sony, atas pasangan Palmy, Shaf Rizal/Kodrad, di final bulu tangkis ganda dengan skor akhir 11-9, 11-7. Wellington lalu berhasil menguasai cabang tenis meja dengan pencapaian dua perwakilan Wellington meraup dua tempat di final; Faried menundukkan Sidney dengan kemenangan dua set lawan satu.

Palmy berhasil menyusul dengan menjuarai nomor futsal dan basket: tim futsal Palmy 1 menang atas Wellington 2 2-1, dan tim basket Palmy 1 unggul atas Wellington 1 22-21. Di nomor terakhir yang akhirnya menjadi yang paling krusial, voli, tim Wellington 2 berjaya memenangi babak final atas Palmy 1 dua set lawan satu, setelah berhasil menghapus defisit lima poin di set penentuan saat Palmy 1 sudah mencapai match point.

Hasilnya, Wellington berhasil mendapatkan gelar juara umum kompetisi, dan Ariq dari Palmy mendapatkan penghargaan Suporter Terbaik. Namun gelar-gelar ini tidaklah begitu penting ketika dibandingkan dengan hubungan yang lebih dekat antar-pelajar dan masyarakat Indonesia di Wellington dan Palmy yang terbentuk saat berolahraga dengan satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *